RSS

MAINAN TRADISIONAL YUK . . .

Congklak ?

“saking banyaknya permainan berteknologi tinggi, jangan-jangan kita lupa sama permainan-permainan tradisional. Yuk aahhh, cari lagi, terus, ajak temen-temen yuukk main bareng ?

 

Diseluruh Indonesia, semua orang pasti kenal congklak. Lucunya, tiap daerah menyebut congklak dengan nama berbeda-beda. Misal, di Jawa disebut dengan dakon atau dhakonan. Biasanya dimainkan oleh dua orang.

Must have item:

o   Papan congklak dengan 14 lubang dan dua lubang induk yang besar.

o   Biji terbuat dari kerang atau plastic.

Aturan main:

·         Untuk mengawali permainan, harus memilih salah satu lubang dan menyebarkan biji ke tiap lubang lainnya searah jarum jam. Masing-masing lubang hanya boleh diisi dengan satu biji. Jika biji terakhir jatuh pada lubang yang telah terisi, ambil biji-biji di lubang tersebut, lalu teruskan mengisi lubang-lubang selanjutnya. Lubang lawan jangan disi ya..? Ntar malah mereka yang untung Lhu ?

·         Jika biji masuk dalam lubang induk, kita bisa memilih lubang lainnya untuk memulai kembali. Namun, jika biji terakhir jatuh pada lubang kosong, artinya harus berhenti berjalan dan lawan berhar untuk mendapatkan giliran.

·         Jika lubang terakhir jatuh di salah satu dari tujuh lubang yang berada dibaris kita, maka biji yang berada di lubang lawan berhak jadi milik kita.

Biji congklak kita jadi berlimpah deh ….. menang, menang ..^.^

 

 

 

Tinggalkan komentar