RSS

Kimchi: Masakan Korea yang Terkenal

Bila negeri Sakura, Jepang terkenal dengan masakan khas berupa Sushi. Korea pun memiliki masakan khas berupa Kimchi. Dan, sebelumnya, Blogdangkal pernah menyajikan artikel tentang Korea, Baca: “Pesona Korea Selatan …” – Kali inipun masih berkaitan dengan Korea, lebih tepatnya, “Kimchi: Masakan Korea yang Terkenal”.

 

Dilansir dari klasika – Kompas, hanya ada sedikit dari pembaca yang mengetahui tentang khasiat dari masakan Korea, betul? Padahal, kebanyakan masakan negeri Ginseng tersebut terkenal menyehatkan tubuh. Terbukti, rata-rata usia masyarakat Korea bisa hidup sehat hingga mencapai usia 80 tahun.

Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak a la Korea terdiri dari beras, mi, tahu, sayuran, serta daging. Lauk atau teman nasi sangat mendominasi saat penyajian masakan khas Korea atau dikenal dengan istilah Benchan. Sajian benchan disantap bersama nasi dan sop atau kaldu. Kesimpulannya, setiap masakan akan selalu ditemani benchan dengan jumlah yang banyak.

Bumbu yang biasa digunakan hampir terdapat pada semua masakan Korea adalah minyak wijen, doenjang, garam, kecap, jahe, bawang putih, dan takketinggalan gochujang atau saus cabai. Kimchi merupakan masakan Korea yang terkenal selain bulgogi atau bibimpap.

Kimchi merupakan makanan yang melalui proses peragian yang berasal dari sayuran, serupa sawi, lobak, dan mentimun. Kimchi pun merupakan bahan dasar utama dalam berbagai resep masakan Korea. Selama musim dingin, masakan tradisional Korea yang sering dikonsumsi adalah Kimchi dan beragam sayuran yang diasinkan di dalam sebuah gentong yang cukup besar yang disimpan di bawah tanah di luar rumah.

TAHUKAH ANDA?
Masyarakat Korea adalah pengonsumsi bawang putih terbesar di dunia dibandingkan warga Thailand, Cina, Jepang, serta negara-negara laut tengah, semisal Spanyol, Yunani, dan Italia.

Demikian, “Kimchi: Masakan Korea yang Terkenal” semoga menambah wawasan kuliner pembaca, selamat berwisata :)) | foto

 

Tinggalkan komentar