RSS

UI Tingkatkan Hubungan Pendidikan Dengan Korea

Senin, 02 Juli 2012
JAKARTA (Suara Karya): Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri menyatakan, pihaknya terus meningkatkan hubungan pendidikan dengan Korea.

“Saat ini kami telah kerjasama dengan berbagai universitas di Korea di antaranya Seoul National University, Korea University, Yonsei University, dan sebagainya,” katanya di Depok, Senin.

Gumilar menyebutkan hubungan yang erat dengan Korea ditunjukkan berbgai macam kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan kedua negara di asia tersebut.

Menurut dia, bubungan yang baik di berbagai bidang antara Indonesia dengan Korea juga telah terjalin sejak lama dan menghasilkan banyak perkembangan di bidang ekonomi, ilmu pengetahuan, dan budaya.

Duta Besar Korea untuk Indonesia H.E Mr. Kim Yeong Seon mengatakan berbagai kegiatan yang dilakukan di UI seperti lomba pidato diharapkan dapat mengetahui lebih dalam lagi apa yang muncul di benak masyarakat Indonesia tentang Korea disegala aspeknya.

Lomba pidato Bahasa Korea yang pertama kalinya tersebut tentunya dapat saling memahami budaya masing-masing negara.

Sementara itu Dekan FIB UI Bambang Wibawarta menyebutkan bahwa Program Studi Korea merupakan program studi termuda di lingkungan FIB UI yang diresmikan pada tahun 2006, dan sampai kini telah lama menjalin kerja sama yang sangat baik dengan Kedutaan Besar Korea, berbagai institusi swasta dan komunitas Korea yang ada di Indonesia.

Kerja sama yang telah terjalin di antaranya adalah penyelenggaraan program beasiswa khususnya bagi mahasiswa FIB UI untuk melanjutkan studi di Korea, pertukaran mahasiswa dengan berbagai universitas di Korea, dan berbagai program seni dan budaya Korea yang diadakan di lingkungan kampus FIB UI.

Humas FIB UI Kristina mengatakan gelombang Korea (Korean Wave) melalui seni pop Korea (K-Pop) yang menerjang berbagai belahan dunia juga melanda kaum muda di Indonesia.

Ia mengatakan, saat ini berbagai stasiun televisi di Indonesia yang diminati khususnya oleh kaum wanita. Begitu juga dengan aksi “boyband” atau “girlband” Korea, bahkan tak sedikit pula boyband atau girlband Indonesia yang kini mewarnai penampilan panggung dan keseharian mereka dengan Korean style.

Dikatakannya, begitu kentalnya pengaruh budaya pop Korea dalam keseharian masyarakat Indonesia saat ini, sehingga ikut menginspirasi perwakilan resmi Korea di Indonesia untuk semakin merajut kerjasama dengan dunia akademisi di Indonesia, khususnya dengan Universitas Indonesia.

“Salah satu bentuk kerja sama antara Korea dengan Universitas Indonesia terwujud lomba “Korean Speech Contest 2012″,” katanya. (Antara)

 

Tinggalkan komentar